Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban seputar
lisensi Mikrotik. Sebagian orang mungkin saja menganggap lisensi ini sebagai hal sepele, kalau hilang atau rusak toh bisa beli lagi :). Tapi bagi saya dan saya harap juga bagi Anda ini penting. Dengan mengetahui sistem lisensi Mikrotik, sedikit banyaknya dapat membantu kita untuk lebih berhati-hati dalam menjaga dan menggunakan lisensi tersebut.
Berikut beberapa daftar pertanyaan yang sering ditanyakan yang saya kutip dari wiki.mikrotik.com
Dapatkah saya melakukan Format Atau Re-Flash Drive?
Format, dan
Re-Imaging drive dengan alat bukan Mikrotik akan menghancurkan lisensi.Berhati-hatilah dan hubungi tim support Mikrotik sebelum melakukan hal ini.Namun sebenarnya hal ini tidak dianjurkan, karena Mikrotik mungkin menolak permintaan Anda untuk mengganti lisensi.Untuk instalasi Mikrotik telah disediakan tool netinstall atau CD-install yang tersedia secara bebas dari halaman download Mikrotik.
Berapa banyak komputer yang dapat saya pakai untuk satu lisensi?
Pada saat yang sama, lisensi RouterOS hanya dapat digunakan dalam satu sistem.Lisensi ini terikat pada HDD itu terpasang, namun Anda memiliki kemampuan untuk memindahkan HDD ke sistem komputer lain.Anda tidak bisa memindahkan lisensi ke HDD lain, Anda juga tidak bisa memformat atau menimpa HDD dengan lisensi RouterOS lain.Jika Anda tetap melakukannya lisensi pada drive akan terhapus, dan Anda harus mendapatkan lisensi baru.Namun jika Anda tidak sengaja menghapus lisensi, Anda bisa menghubungi tim support Mikrotik.
Bisakah saya menggunakan HDD sementara karena sesuatu hal?
Sebagaimana dinyatakan di atas, tidak bisa.
Dapatkah saya memindahkan lisensi untuk HDD lain?
Jika drive HDD Anda saat ini hancur, atau tidak dapat digunakan lagi, bisa saja Anda mentransfer lisensi ke HDD lain. Untuk itu silahkan hubungi tim support Mikrotik untuk meminta key pengganti namun Anda akan dikenakan biaya $10.
Apa yang dimaksud dengan Penggantian Key?
Ini adalah key khusus yang dikeluarkan oleh Tim support Mikrotik jika Anda tidak sengaja kehilangan lisensi, dan Mikrotik memutuskan bahwa itu bukan kesalahan Anda langsung.Biaya yang dikenakan untuk penggantian key sebesar $10 dan akan memiliki fitur yang sama dengan key sebelumnya yang hilang.Namun sebelum mengeluarkan key pengganti, Mikrotik akan meminta Anda untuk membuktikan bahwa drive lama Anda rusak atau gagal, ini berarti Anda harus mengirimkan drive yang rusak tersebut.
Haruskah saya ketik seluruh kunci ke router?
Tidak, cukup salin ke jendela Telnet, atau menu Lisensi di Winbox.
Dapatkah saya menginstal OS lain pada drive dan kemudian menginstal RouterOS lagi nanti?
Tidak, karena jika Anda menggunakan format atau utilitas partisi, atau alat yang dapat melakukan sesuatu pada MBR, Anda akan kehilangan lisensi dan Anda akan harus mendapatkan lagi key yang baru.Proses ini tidak gratis Anda akan dikenakan biaya.
Saya kehilangan RouterBOARD, dapatkah saya menggunakan lisensi yang sama untuk digunakan pada sistem lain?
Lisensi Routerboard sudah tertanam didalamnya. Anda tidak dapat memindahkan lisensi ke sistem baru dengan cara apapun, Anda hanya bisa melakukan upgrade versi pada Routerboard.
Informasi lain mengenai sistem lisensi pada Mikrotik RouterOS bisa dilihat
disini. Semoga bermanfaat.